Tuesday, February 11, 2020

Tanya Dokter Kulit Online: Jenis Penyakit Kulit yang Bisa Menyerang Manusia dan Obatnya


Kulit merupakan organ terluar dan terluas di tubuh manusia. Jika dibentangkan kulit manusia memiliki luas dua meter persegi yang dapat menutupi satu pintu. Luasnya kulit berfungsi untuk menjaga setiap jaringan pada otot dan organ-organ pada tubuh manusia. Kulit berfungsi dalam membantu untuk mengatur suhu tubuh dan menjadi indra peraba. Kulit manusia menjadi penghasil dari vitamin D yang mendukung kesehatan tulang oleh sebab itu menjaga kulit sangat penting. Jika mengalami penyakit kulit maka dapat tanya dokter kulit online melalui aplikasi halodoc.



Kulit memiliki bagian epidermis sebagai lapisan kulit pertama yang terdiri atas stratum basal, stratum spinosum, stratum granulosum, stratum lucidum dan stratum korneum. Untuk lapisan keratinosit memiliki perjalanan hingga 40 hari menuju stratum korneum. Terdapat 3 lapisan non keratinosit dengan melanosit, sel langerhans dan sel merkel. Bgain dermis yang menjadi pelindung tubuh dan memiliki berbagai kumpul serat kolagen. Dalam dermis terdapat struktur sel seperti fibrolas untuk menghasilkan elastin dan kolagen, sel mast yang memiliki histamin granul dan pelengkap kulit dimana terdapat kelenjar sebasea dan kelenjar keringat. Subkutan yang menjadi lapisan terdalam pada kulit dengan kandungan lemak paling banyak untuk menyesuaikan tubuh dengan suhu luar ruangan dan berperan untuk mengikuti kulit ke otot maupun jaringan dibawahnya.

Berikut adalah jenis penyakit yang dapat menyerang kulit manusia diantaranya:

  • Bisul merupakan salah satu infeksi yang menyebabkan benjolan merah dan terus membesar, bisul dapat tumbuh dimana saja dan biasanya terdapat pada bagian lembab, jenis ini terjadi karena adanya bakteri stafilokokus aureus yang lewat di kelenjar keringat, kelenjar minyak dan folikel dan menyebabkan infeksi lokal.
  • Kudis merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya parasit tungau, biasanya jenis penyakit ini terjadi bagi penderita yang tinggal di lingkungan kumuh, gejala yang ditimbulkan seperti gatal pada malam hari, dibawah ketiak maupun sela jari-jari kaki dan biasanya dapat menular ke orang lain.
  • Eksim merupakan rasa gatal dan kemerahan yang memunculkan gelombang kecil berisikan air maupun nanah pada bagian tangan, lipatan paha, kaki dan telinga, jenis ini dikarenakan rangsangan zat kimia dan menyerang orang yang mudah mengalami alergi.

Selain itu, kulit dapat mengalami penyakit kurap karena adanya jamur dengan gejala seperti lingkaran bersisik, bercak putih maupun rasa gatal yang terjadi karena tidak bersihnya kulit. Melanoma merupakan kanker kulit yang akan menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani, biasanya terjadi pada area leher maupun kulit kepala dan ditandai dengan tahi lalat pada kulit yang terus membesar, berubah warna dan adanya peradangan. Terdapat juga herpes, jerawat dan psoriasis yang membuat tubuh bermasalah.

Berikut adalah obat alami untuk penyakit kulit:

  • Daun salam dengan cara menumbuk halus daun dan menempelkannya pada kulit gatal, sebagai anti mikroba pada kulit gatal.
  • Daun biduri yang dipanaskan kemudian diolesi dengan minyak kelapa lalu ditempel pada area kulit yang bermasalah dengan kandungan kalsium oksalat dan polifenol.

Tanya dokter kulit online akan menjawab keluhan dengan memberikan pengobatan secara medis maupun alami. Dapat menggunakan daun mahkota dewa dengan antihistamin untuk membantu rasa gatal hilang. Kulit batang kamboja dengan cara menggiling batang lalu dibalurkan pada bagian kulit yang masak. Bumbu dapur seperti minyak goreng dan garam digunakan dengan cara mencampurkan keduanya kemudian langsung dioleskan pada kulit gatal.

0 comments:

Post a Comment