Friday, September 13, 2019

Daftar Penyakit-penyakit Penyebab Kaki Bengkak


Saat terserang penyakit, tubuh manusia bisa mengeluarkan gejala akibat dari pengaruh adanya penyakit tersebut. Gejala ini bisa berupa perubahan warna dan bentuk tubuh ataupun sebuah gerakan dan rasa. Contoh dari gejala yang sering ditimbulkan dari adanya penyakit tertentu adalah sakit kepala, mata merah, sering buang air, rambut rontok dan kaki membengkak. 



Contoh gejala terakhir tersebut memang tak sering terjadi dibandingkan dengan gejala lainnya. Justru pada gejala yang tak sering terjadi tersebut, Anda akan bisa mengetahui jenis penyakit yang ada di dalam tubuh dengan lebih mudah. Apa saja penyakit yang menjadi penyebab kaki bengkak ?

Kaki yang membesar melebihi ukuran normal umumnya terjadi karena adanya edema atau penumpukan cairan di bagian kaki tersebut. Hal ini bisa terjadi dari permukaan kaki hingga betis. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa membuat permukaan telapak kaki membesar:

  1. Trauma atau cedera.
Bagi seorang atlet yang sering melakukan olah tubuh, kaki bengkak atau bagian lain membengkak bisa jadi merupakan gejala atau akibat terjadinya cedera. Patah tulang, keseleo dan retak tulang bisa menjadi penyebab terjadinya pembengkakan. Hal ini diiringi dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan atau kebiruan. Untuk mengatasi kaki bengkak karena sebab ini, segera lakukan rontgen untuk memeriksa keadaan tulang. Lakukan operasi jika terjadi patah tulang atau fraktur. Jika keseleo, Anda bisa mengurutnya sambil memberikan kompres air hangat.

  1. Kehamilan.
Wanita yang berada di trimester ketiga kehamilannya juga beresiko mengalami pembengkakan pada kaki. Pembuluh darah besar di perut akibat tertekan bayi yang sudah berada di perut bawah membuat terganggunya peredaran cairan di kaki. Meski tidak berbahaya dan bisa normal kembali setelah persalinan namun jika kaki membengkak terlalu besar bahkan hingga sampai ke betis, ibu hamil sebaiknya segera memeriksakan diri.

  1. Infeksi.
Kaki yang terkena infeksi misalnya akibat dari cedera dan terbukanya kulit, bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak. Hal ini akan lebih mudah terjadi pada penderita diabetes. Selain itu diabetes juga menjadi penyakit penyebab kaki bengkak karena sering menyebabkan masalah pada saraf kaki.

  1. Penyakit ginjal.
Ginjal berfungsi untuk menyaring cairan, mengatur suhu dan mengeluarkannya lewat kandung kemih. Jika kondisi ginjal memiliki masalah maka fungsinya pun akan terganggu. Salah satu gejalanya adalah pembengkakan pada kaki akibat ginjal tidak mampu meneruskannya ke kandung kemih. Selain pembengkakan pada kaki, gangguan ginjal bisa menyebabkan pembengkakan pada sekitar mata.

  1. Efek samping obat.
Beberapa obat memiliki efek samping mengakibatkan pembengkakan pada kaki seperti obat kortikosteroid atau obat kontrasepsi.

  1. Penyakit jantung.
Selain penyakit ginjal, penyakit jantung juga bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak karena aliran darah tidak lancar. Gejala lain dari penyakit ini adalah irama jantung yang tidak beraturan, nyeri pada dada hingga pucat dan lemas.

Beberapa penyakit di atas bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Sebagian sebabnya memang tidak berbahaya namun sebagian lagi bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani dengan benar. 

Agar Anda tidak salah dalam mendeteksinya, segera bawa diri ke dokter jika kaki bengkak tidak kembali ke bentuk semula dalam durasi 5 hari. Dan segera periksakan diri ke dokter jika kaki bengkak diiringi dengan rasa sakit atau gejala lain yang menjurus ke salah satu penyakit di atas misalnya sukar buang air kecil, nyeri di pinggang dan sebagainya.


0 comments:

Post a Comment