Tuesday, June 4, 2019

Pengembangan Tehnologi Dapat Dikomersialkan

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) minta supaya pengembangan tehnologi bisa dikomersialkan serta jadi pemasukan buat negara. Menurut dia, pengembangan tehnologi yang tidak dapat di pasarkan cuma jadi teori yang penuhi almari buku.



"Satu pengembangan cuma dapat berarti jika bisa dikomersialkan. Jika pengembangan tidak dikomersialkan, (serta) tidak dapat di pasarkan, itu cuma untuk penuhi lemari-lemari buku tempat kita menulisnya," kata JK dalam sambutannya di acara peringatan Hakteknas 2019 di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019).

JK mengharap ada kerja sama di antara akademisi, kampus, serta entrepreneur dalam mengkomersialkan pengembangan tehnologi.

"Memang sangat banyak MoU yang kita tanda tangan karena itu. Tetapi kita harus melakukan yang lebih baik ," katanya.

Diutarakan JK, satu diantara pengembangan negara yang tidak bisa dikomersialkan ialah produksi pesawat N250 bikinan PT Dirgantara Indonesia (DI). Didapati, terbang pertama pesawat bikinan anak bangsa itu pada 10 Agustus 1995 jadi awal diperingatinya Hari Kebangkitan Tehnologi Nasional (Hakteknas).

0 comments:

Post a Comment