Saturday, August 31, 2019

Kapan Sebaiknya Tukar Tambah HP?


Di Indonesia, pola perilaku pengguna HP sangat konsumtif, khususnya beberapa tahun terakhir. Menurut data, masyarakat Indonesia mengganti HP mereka dalam waktu 1 hingga 2 tahun. Banyak di antara mereka yang menjual HP lama kemudian membeli ponsel baru atau tukar tambah HP. Tukar tambah ponsel memang kerap sekali terjadi mengingat setiap tahun para produsen telepon seluler selalu meluncurkan produk-produk baru mereka dengan fitur dan teknologi yang lebih keren dan canggih.



Waktu yang Tepat untuk Tukar Tambah HP

Untuk menukar tambah ponsel genggam, kalian bisa datang ke konter-konter HP. Namun, kini kalian bisa melakukannya dengan lebih mudah dan lebih banyak pilihan karena beberapa marketplace menyediakan fitur dan layanan ini. Misalnya adalah Tokopedia dan Blibli. Namun, kalian harus tahu waktu yang tepat untuk mengganti smartphone lamamu dengan yang baru.

Pertama, yang perlu kalian perhatikan adalah usia ponsel. Usia ponsel memiliki rentang waktu sekitar 4,7 tahun. Hal ini jauh lebih rendah dibanding ponsel-ponsel jadul yang bisa bertahan jauh lebih lama. Bahkan, ponsel HP juga dinilai lebih cepat rusak dibanding dengan barang elektronik lain seperti TV layar datar, kamera digital dan laptop. Itulah kenapa biasanya ponsel HP memiliki garansi minimal 1 tahun. Jadi, jika umur ponselmu sudah mendekati 4,7 tahun, mungkin sudah waktunya untuk segera berganti HP baru.

Kedua, hal ini berkaitan dengan performa HP. HP baru biasanya terasa ringan untuk membuka berbagai aplikasi. Seiring berjalannya waktu, HP tersebut akan terasa lemot untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang kalian miliki. Jika ponselmu sudah terasa lemot, mungkin itu sudah saatnya untuk melakukan tukar tambah HP.

Ketiga, kaitannya dengan baterai. Pasalnya, baterai adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi pada smartphone. Baterai pada ponsel yang sudah berumur akan melemah sehingga cepat habis. Daya tahan yang semakin berkurang membuat pengguna kurang nyaman karena harus mengisi daya berkali-kali dalam sehari. Kadang, mengganti baterai bisa menjadi solusi. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil, ada baiknya segera mengganti dengan ponsel baru. Pastikan ponsel barumu memiliki kapasitas baterai yang besar agar lebih tahan lama.

Layar yang mulai kurang responsif bisa juga menjadi tanda kalian harus segera mengganti HP lama dengan HP baru. Hal ini bisa dikarenakan hardware yang semakin uzur. Untuk itu, ada baiknya segera mencari HP baru sebelum layar HPmu semakin tidak responsif.

Semakin berumur, smartphone akan semakin rentan rusak. Hal ini wajar mengingat hardware & software yang semakin tua tidak akan bisa bekerja maksimal lagi. Jika dipaksa untuk bekerja di luar kemampuannya, maka ponsel tersebut akan rentan rusak. HP yang rusak untuk pertama kalinya biasanya masih belum terlalu parah apalagi kalau masih dalam masa garansi. Namun jika smartphone mu sudah mengalami kerusakan berkali-kali, artinya sudah saatnya untuk menemukan pengganti yang baru.

Selain itu, kalian juga dianjurkan untuk segera mengganti HP baru jika menemukan keretakan pada layar karena ini termasuk masalah yang serius. Pasalnya, mengganti LCD HP memerlukan biaya yang cukup mahal. Ada kalanya, androidmu tidak memperoleh pembaruan sistem operasi. Untuk menghidari akibat yang lebih fatal, mengganti HP baru harus dilakukan secepatnya. Tukar tambah HP bisa menjadi solusi yang tepat agar biaya mendapatkan HP baru tidak terlalu mahal.

Deskripsi: Tukar tambah HP bisa dilakukan di konter-konter HP atau secara online melalui marketplace. Berikut tanda-tanda kalian harus segera mengganti HP lama dengan yang baru.

0 comments:

Post a Comment