Tuesday, September 10, 2019

Dear Ortu, Ini Risikonya Jika Over Protective pada Anak

Orangtua pasti inginkan yang paling paling baik untuk buah hatinya. Mereka akan lakukan langkah apa pun supaya sang anak merasakan nyaman dan aman.



Tetapi sering ada orangtua yang berbentuk over protective atau begitu ketat dalam jaga anaknya. Memang maksudnya baik, supaya anak tidak terluka saat beraktivitas apa pun. Tetapi ada efek yang akan dihadapi anak jika orangtua begitu jaga.

"Pada satu titik ia akan sangsi serta tidak dapat eksplor banyak. Ia akan kurang terasah serta kurang belajar. Makin awal seringkali dilarang, akan makin kronis yang akan datang," kata spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA (K).

Diluar itu, ada juga efek kesehatan yang akan diterima oleh anak bila orangtua begitu higienis, baik di luar rumah atau di rumah.

"Akan alergi. Alergi hubungan ke lingkungan jika begitu dijaga bersih sekali. Pengennya bebas kuman sekali," imbuhnya.

Oleh karenanya, anak masih perlu bermain di luar ruangan. Ada perubahan segi kognitif serta afektif yang cuma dapat didapat oleh anak saat bermain di luar.

"Seberagam apa pun pengalaman indoor, benda di luar sama di tentu beda. Masih ada bagian buat ortu untuk anak bermain di luar," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment