Wednesday, August 28, 2019

Baterai Swap Motor Listrik Bakal Tersedia di Alfamart Indonesia

Kementerian Perindustrian bekerja bersama dengan New Energy and Industrial Development Organization (NEDO) Jepang serta perguruan tinggi Indonesia dalam lakukan demo kendaraan listrik sekaligus juga publikasinya pada warga.



Demo ini memakai 300 unit Honda PCX Electric dengan tersedianya 1.000 unit pak baterei. 300 unit motor listrik ini akan share baterei satu dengan yang lain dengan skema baterei swap yang ada di 40 titik pergantian. Program ini merajut kerja sama dengan Alfamart jadi partner penyuplai pergantian baterei yang terisi penuh memakai Honda Mobile Power Pack.

Pergantian baterei ini ada di Alfamart, kami akan lihat bagaimana yang akan datang kelak," tutur Vice President Director PT Honda Power Pack (HPP) Energy Indonesia, Yusuke Goto dalam acara The Demonstration Proyek to Increase Energy Efficiency Through Utilization of Electric Vehicle and Mobile Baterai Share di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2019).

Untuk sekarang demo yang sekaligus juga studi ini diadakan di dua kota, yaitu Bandung, Jawa Barat serta Denpasar, Bali. Kota Bandung memperoleh 30 titik pergantian baterei sesaat Bali mendapatkan 10.

"Bandung diambil sebab geografisnya yang berbukit, sedang Bali sekaligus juga mensosialisasikannya pada pelancong," jelas Pakar Tehnik Ketenagalistrikan ITB, Agus Purwadi dalam peluang yang sama.

Dari demo ini diinginkan bisa membuahkan deskripsi mengenai bagaimana implementasi mode usaha baru di ekosistem kendaraan listrik bersistem baterei swaping.

"Kita mengawali publikasi, karena itu ada 300 unit (Motor Listrik) 1.000 baterei. Kelak dapat diilihat usaha mode ini siapa yang mempunyai seperti apa tabung gas kelak disaksikan dari referensi studi ini sendiri," lebih Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, serta Elektronika, Harjanto.

0 comments:

Post a Comment