Monday, July 1, 2019

Ingin Makan Sushi Tetapi Diet? Ini Langkah Sehat Mengakalinya

Tidak butuh cemas dengan berat tubuh bila ingin makan sushi. Ini panduan melahap sushi agar berat tubuh tidak naik. Harus didapati beberapa pencinta sushi!



Sushi adalah makanan Jepang yang sekarang mendunia. Popularitasnya sampai banyak negara terhitung Indonesia. Isian sushi jadi daya tarik tertentu dalam mencicip makanan asal negeri sakura itu.

Sebab dibikin berbahan mentah, sushi seringkali disebutkan menu tidak sehat. Walau sebenarnya bila Anda lihat panduan yang sudah dikutip dari Shape (26/8) ini, Anda tak perlu cemas dengan kesehatan badan Anda sesudah mengonsumsi sushi. Ada pula panduan masalah konsumsi sushi supaya berat tubuh tidak naik.

1. Pesan salmon serta tuna

Carol Ann Rinzler, penulis Nutrition for Dummies menjelaskan jika sushi ialah makanan yang rendah lemak.

"Untuk memperoleh faedah dari sushi, pilih potongan yang kaya omega-3 serta lemak tidak jemu, agar bisa membuat perlindungan jantung serta tingkatkan kemampuan otak," kata Rinzler. Ia merekomendasikan untuk pesan sashimi salmon serta tuna, sebab menurut dia menu berikut yang paling sehat untuk dipesan. Kedua-duanya rendah kalori (40 kalori per ons untuk salmon serta 42 untuk tuna), tinggi protein serta omega-3, dan memiliki kandungan vitamin D, nutrisi penting dalam penurunan lemak.

2. Makan wasabi

"Wasabi memiliki kandungan anti-oksidan seperti isothiocyanate, senyawa beraroma tajam yang memberikan brokoli faedah anti-kanker," kata Rinzler. Menurut dia wasabi mempunyai faedah, walau Anda cuma mengkonsumsinya dikit.

3. Tidak makan menu yang goreng

Margaux J. Rathbun sebagai pegiat therapy nutrisi menjelaskan jangan makan "gulungan renyah" yang mengacu pada sushi yang menggunakan adonan gorengan. Demikian dengan tempura yang dipenuhi tepung goreng. Semestinya pilih sushi yang diproses dengan minim proses serta bumbu.

4. Makan yang dikukus, panggang, atau mentah

"Pesanlah menu yang cuma dikukus atau dipanggang," kata Rathbun. "Satu diantara pilihan sushi favorite saya ialah sashimi sebab betul-betul cuma memakai daging ikan tanpa ada nasi atau bahan penambahan."

5. Makan sayurannya

Melahap sushi isi sayuran adalah pilihan yang baik serta sehat. "Banyak restoran sushi mengikutkan pilihan vegetarian pada menu mereka dengan beberapa bahan seperti mentimun fresh, alpukat, serta rumput laut," kata Rathbun.

"Rumput laut adalah makanan sehat penuh dengan nutrisi seperti vitamin K, magnesium, serta folat," imbuhnya.

6. Mintalah nasi cokelat

Menurut Rathbun, Anda dapat minta sushi memiliki bahan beras cokelat di sejumlah restoran. "Terdapat beberapa serat dalam beras cokelat, yang bisa jaga pencernaan yang sehat serta buang air besar dengan teratur. Beras cokelat adalah sumber mangan, selenium, serta magnesium," imbuhnya.

7. Makan jahenya

Tumpukan kecil jahe yang berada di piring serta jadikan hiasan sushi itu, nyatanya butuh dikonsumsi.

"Jahe menolong tingkatkan skema kebal badan jadi antimikroba serta antivirus yang efisien," kata Rathbun. "Ini adalah sumber potasium, magnesium, tembaga, serta mangan yang baik."

8. Kurangi kecap asin

Katie Clark, pakar diet tercatat di San Diego, merekomendasikan pengunjung sushi untuk minta kecap rendah garam. Walau kecap ini cuma memiliki kandungan 25 % lebih dikit garam dibanding kecap biasa, paling tidak lebih sehat.

9. Pakai sumpit

Dengan memakai sumpit, bisa menolong Anda makan lebih lamban dibanding menyendok makanan dengan garpu atau sendok yang benar-benar gampang dipakai, kata Clark.

Dengan jadikan diri kita makan dengan penuh kesadaran ialah langkah paling baik agar betul-betul merasakan kenyang, merangsang pencernaan yang sehat, serta bisa nikmati makanan.

10. Jangan makan mayonnaise

"Mintalah menu yang tidak memiliki kandungan keju mayonnaise atau cream keju, yang berarti itu bukan sushi tradisionil," kata Clark.

11. Makan soba

"Coba sajian dengan mie soba, yang terbuat dari gandum utuh," kata Clark. "Soba ialah pilihan tinggi serat serta protein yang tinggi untuk nasi putihnya."

12. Pilih sashimi

Janel Ovrut Funk, pakar diet yang berbasiskan di Boston, memperingatkan jika tiap gulungan sushi mempunyai seputar satu kepal nasi putih di dalamnya, yang bisa meningkatkan banyak kalori tambahan bila Anda makan banyak gulungan. Karena satu kepal nasi mempunyai seputar 200 kalori.

Jalan keluarnya, Anda dapat pesan sashimi (potongan ikan mentah tanpa ada nasi) dibandung sushi roll yang menggunakan nasi dalam membuatnya.

13. Makan sup miso terlebih dulu

Sebelum mengonsumsi sushi, lebih baik Anda mengonsumsi sup miso terlebih dulu sebab bisa menolong Anda lebih kenyang tanpa ada mengonsumsi banyak kalori. Satu cangkir sup miso mempunyai kurang dari 75 kalori, menurut Ovrut Funk.

14. Lihat jumlahnya pesanan Anda

Untuk memperoleh badan yang sehat, yakinkan mempunyai bagian yang pas. Bagian yang pas untuk sushi yakni satu gulungan atau enam potong, kata Ovrut Funk.

"Bila Anda masih merasakan lapar, lebih baik Anda mengonsumsi salad serta sup miso."

0 comments:

Post a Comment