Friday, June 14, 2019

Kecerdasan Bikinan Google Sekarang Dapat Deteksi Tidak berhasil Ginjal

Tidak berhasil ginjal adalah penyakit yang cukup berperan dalam angka kematian di sejumlah negara. Tidak berhasil ginjal adalah 'silent killer', dimana tidak ada tanda-tanda relevan awalnya serta susah dideteksi.



Sekarang, perusahaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan bikinan punya Google yang bernama DeepMind sudah meningkatkan kecerdasan bikinan yang bisa menjumpai penyakit tidak berhasil ginjal.

Diambil dari The Sun, DeepMind bisa menjumpai tidak berhasil ginjal pada satu orang dari analisa 600.000 titik data, mencakup tes darah, detak jantung, serta tekanan darah. Selain itu, beberapa ilmuwan DeepMind temukan 9 dari 10 masalah tidak berhasil jantung paling serius.

Kecerdasan bikinan ini dipandang cukup dihandalkan mengingat tidak ada cara standard untuk meramalkan penyakit ini. Sebab umumnya pasien dengan tidak berhasil ginjal dideteksi waktu keadaannya cukup sudah kronis.

dr Dom King, dari DeepMind Health menjelaskan jika perkembangan tehnologi DeepMind ini bisa merubah perawatan serta penyembuhan pada pasien nanti diberi. Makin awal dideteksi, karena itu pengobatannya juga semakin lebih mudah.

"Benar-benar memusingkan buat saya jadi dokte. Dalam banyak hal, skema AI ini hampir lakukan apa yang dikerjakan oleh dokter pakar," katanya.

AI DeepMind ini sudah diujicobakan di Royal Free Hospital di London dengan hasil 4x lebih kecil kemungkinannya melepaskan deteksi tidak berhasil ginjal dibanding cara biasa. Bahkan juga berdasarkan catatan, deteksi tidak berhasil ginjal dengan DeepMind cuma memerlukan waktu 14 menit.

0 comments:

Post a Comment